Ketika Beban Ringan Menjadi Tak Tertahankan

SEKALI waktu, seorang profesor psikologi masuk ruangan kuliah untuk mata kuliah prinsip-prinsip manajemen stres dengan membawa segelas air. Ketika dia memulai dengan mengangkat segelas air tersebut tinggi-tinggi, semua orang berharap akan ditanyai pertanyaan "gelas setengah kosong atau gelas setengah penuh" yang telah sering mereka dengar. Alih-alih, dengan senyum di wajahnya, profesor bertanya, "Berapa berat gelas air yang saya pegang ini?"

Siswanya meneriakkan jawaban yang bervariasi hingga beberapa ratusan gram - sedekat mungkin dengan berat segelas air.

Sang profesor menjawab, “Dari sudut pandang saya, berat absolut gelas ini tidak masalah. Itu semua tergantung pada berapa lama saya memegangnya. Jika saya memegangnya satu atau dua menit, gelas ini cukup ringan. Jika saya memegangnya selama satu jam, beratnya mungkin membuat lengan saya sedikit pegal. Jika saya memegangnya selama satu hari penuh, lengan saya kemungkinan akan kram dan merasa benar-benar mati rasa dan lumpuh, memaksa saya untuk menjatuhkan gelas ke lantai. Dalam setiap kasus, berat gelas tidak berubah, tetapi semakin lama saya memegangnya, semakin berat rasanya bagi saya."

Sewaktu kelas menggangguk setuju, dia melanjutkan, “Tekanan dan kekhawatiran Anda dalam hidup sangat mirip dengan segelas air ini. Pikirkan hal-hal itu sebentar maka tidak ada yang terjadi. Pikirkan tentang hal-hal itu sedikit lebih lama maka Anda mulai sedikit sakit. Pikirkan hal-hal itu sepanjang hari, maka Anda akan merasa benar-benar mati rasa dan lumpuh - tidak dapat melakukan hal lain sampai Anda menjatuhkannya"

Karenanya penting untuk diingat untuk melepaskan setiap stres dan kekhawatiran Anda. Apa pun yang terjadi pada siang hari, setidaknya ketika malam hari tiba, letakkan semua beban Anda. Jangan membawanya sepanjang malam dan ke hari-hari berikutnya. Jika Anda masih merasakan beratnya stres kemarin, itu pertanda kuat bahwa inilah saatnya untuk meletakkan "gelas" Anda.


Meditasi: "Karena itu Aku berkata kepadamu:.......Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?" (Matius 6:27)

Kita tidak dapat menghindari beban hidup, tetapi kita memiliki pilihan, apakah kita membawanya dengan kekuatan kita sendiri atau menyerahkan diri kita kepada Tuhan kita yang telah berjanji untuk menanggung beban bersama kita dan membuat beban kita ringan. ~ Cadenhead Al

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Matius 11:28)


Sumber: Daily Dew, Time to Let Go

Comments

Popular Posts