Pada 1947 Dr. Chandrasekhar diminta untuk mengajar seminar lanjutan dalam astrofisika di Universitas Chicago. Pada saat itu, ia tinggal di Wisconsin melakukan penelitian di observatorium astronomi Yerkes. Untuk mengajar, dia harus menempuh perjalanan 160 km dua kali seminggu termasuk musim dingin, tetapi dia tetap menerimanya.

Namun, pendaftaran untuk seminar lanjutan tersebut jauh di bawah ekspektasi. Bahkan, hanya dua siswa mendaftar.

Rekan pengajar dari fakultas lainnya mengharapkan Dr. Chandrasekhar membatalkan saya kelas lanjutan tersebut, agar tidak menyia-nyiakan waktu berharganya. Namun dia memutuskan melanjutkan mengajar kelas tersebut dan memberikan yang terbaik kepada dua siswa yang terdaftar.

Kedua mahasiswanya, Chen Ning Yang dan Tsung-Dao Lee, ternyata tidak mengecewakan.

Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1957, keduanya memenangkan hadiah Nobel untuk fisika. Dan pada tahun 1983, Dr. Chandrasekhar memenangkan penghargaan yang sama.


Tujuan yang hendak dicapai dan upaya yang harus dilakukan boleh saja sepertinya beradu atau tidak mendukung.  Cara yang baik untuk mencapai tujuan yang baik adalah melakukan apa yang perlu Anda lakukan, terlepas dari harga yang harus dibayar, upaya yang diperlukan, atau kurangnya dukungan atau penghargaan  orang lain. Yang terbaik untuk mengejar cita-cita terbaik adalah memiliki integritas.

Perenungan: “Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi”.  - Pengkhotbah 9:10

Dari God’s Little Lesson of Life, seperti dikutip oleh deily-dew.com

Comments

Popular Posts