Penyelenggaraan Ilahi - Ada Pertolongan Tuhan Pada Waktunya



Ketika perang, pasukan Jepang berhasil menembak jatuh sebuah pesawat Amerika yang kemudian jatuh menabrak belukar. Ada 3 orang awak pesawat yang selamat dan tidak mengalami luka apapun. Mereka bisa bertahan hidup selama 10 bulan di hutan belukar yang luas. Mereka mengambil apapun yang dapat mereka ambil dari dalam pesawat, termasuk sebuah cermin kecil.

Suatu hari ketika mereka kehabisan makanan, mereka memutuskan untuk pergi memancing di laut. Sesampai di pantai, mereka menemukan sartu kardus ikan kaleng yang dihempaskan gelombang ke pantai. Ikan-ikan kaleng itu berasal dari kapal Jepang yang dibom oleh Amerika.

Beberapa waktu kemudian pesawat pengintai Amerika terbang berputar-putar di atas pantai, dan tanpa menunggu ke 3 tentara itu mengeluarkan cermin dan memberi tanda kepada pesawat pengintai tersebut. Sang pilot mengerti tanda yang diberikan melalui cermin itu, sehingga beberapa hari setelah itu, sebuah kapal selam datang pada malam hari untuk menjemput ke 3 tentara itu.

Jika kita memperhatikan cerita di atas, ada bagian-bagian yang tidak mungkin terjadi secara kebetulan. Karton yang berisi ikan kaleng yang dihempaskan ombak ke pantai, dan cermin yang diambil oleh tentara tersebut. Semua kejadian yang tersusun dengan baik itu membawa kita pada satu kesimpulan bahwa ada Seseorang yang mengaturnya.


Banyak kejadian sehari-hari yang sepertinya terjadi secara kebetulan.
Ketika kita diperhadapkan pada kebutuhan mendesak sedang uang sudah tidak ada, tiba-tiba ada saja orang yang datang menawarkan atau bahkan memberikan bantuan.

Ketika sedang putus asa atau mengalami kekeringan rohani, kita seperti dituntun membaca bagian Alkitab atau buku yang kemudian menguatkan kita. Atau ada orang yang mengajak untuk mengikuti persekutuan doa, dan disana iman kita dikuatkan.

Pernah, seorang muda yang hidupnya hancur duduk merunduk di sebuah bangku taman di Australia. Sebuah potongan surat kabar ditiup angin persis di kakinya. Dia lalu membaca ada undangan KKR oleh seorang Penginjil dari Amerika yang sedang berkunjung disana. (Saya lupa namanya dan nama bukunya). Seperti ada kekuatan yang “memaksa” dia untuk datang  ke KKR tersebut, dan dia mengambil tempat duduk di sebuah sudut dibelakang. Lalu apa yang terjadi. Penghotbah tersebut mengatakan ada seorang muda yang sedang mencari pertolongan Tuhan di tengah-tengah mereka, dan pengkotbah tersebut seperti dituntun datang sendiri ke belakang menemui pemuda tersebut, yang akhirnya menemukan pertolongan dari dan dalam Tuhan. 

Tidak ada yang namanya kebetulan dalam (istilah) Alkitab. Begitu pula dalam hidup kita. Tuhan mengasihi kita. Dan dalam providensia-Nya, dalam penyelengaraan illahi Tuhan Ia mampu menolong kita di saat yg tepat.

Tanda pertama hadirnya pertolongan Tuhan adalah ada damai sejahtera dari Tuhan, yang oleh Oswald Chambers menyebutnya “kedamaian yang membawa rasa percaya yang tak terbantahkan dan melingkupi kita dengan sempurna, dari ujung kepala sampai ujung kaki Anda. Itulah hidup yang tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah”.

Comments

Popular Posts